Senam Hamil di Bintaro

I don’t want to compare which one is better between Senam Hamil or Prenatal Yoga, I tried both and it is just my personal preference, I enjoyed Senam Hamil more than Prenatal Yoga.

Jadi obgynku baru ngebolehin senam di UK 32 weeks, sebelum itu gue udah nyari tau tempat-tempat senam hamil di deket rumah gue. Jujur bingung banget mau senam dimana, alasannya karena biayanya MAHAL-MAHAL, lol. Bagi gue angka diatas 50ribu per sesi itu udah mahal. Di areaa rumah yg gue tau cuma RS Premier Bintaro, RSPI Bintaro, RS IMC & Klinik Kehamilan Sehat.

Of course sebelum nanya semua harga senam hamil diberbagai penjuru Bintaro, gue udah tau berapa biaya senam hamil di RS dimana gue kontrol kehamilan rutin, yaitu RS Premier Bintaro dengan harga per sesi Rp. 150.000. Bagi gue segini muahal banget. Busyenggg, membership gue di Golds Gym aja sebulan 500ribu (udah keluar yaa), lha ini sekali sesi 150ribu x 4-8 minggu. Berapa tuh maaaak.

Kalo di RSPI Bintaro itu senam hamilnya free. Tapiiiiii, pas gue telpon buat booking dan ditanya pasiennya dokter siapa, ya gue bukan pasiennya siapa-siapa hahahaha dan langsung dijawab “maaf, sudah full Bu. Boleh telp lagi di hari selasa ya.” Yaelaaah, bilang aja emang mengutamakan pasien RSPI nya 🙂 ((Yaaa, dasar guenya aja maunya yang free. Who doesn’t love free of charge, though?))

Ada lagi Prenatal Yoga di Klinik Kehamilan Sehat Ceger, harganya per sesi Rp. 75.000. Cukup affordable bagiku, tapi jauh banget gue musti menerjang macetnya sepanjang jalan cipadu atau bintaro sektor 3 yang sering banget macidun dan ini tuh prenatal yoga, gue ga begitu kepingin.

Di nujuh bulan studio berapa? Gatau. Gue udah nebak mahal aja pokoknya wkwkwk. Lalu gue dapet info di RS IMC Bintaro, lokasinya lumayan jauh dari rumah gue. Nah ini masuk budget gue banget shay, hanya Rp. 40.000. Gue udah sempet booking via WhatsApp, taunya hari itu gue ada acara dadakan hehehe gak jadi deh dan mager juga buat booking lagi, soalnya udah kepalang malu sampe di chat “Bu, kemarin gak jadi datang.” 🙂

Akhirnya where I finally ended up? I freaking ate my words, akhirnya gue berujung senam hamil di RS Premier Bintaro…….ya, atas saran Suami & Nyokap. “Yaudah lah di Premier aja, kan kamu mau lahiran disitu. Cuma 150ribu gapapa.” Nyokap bilang cuma, rasanya mau minggat hahahah lebay.

Udah UK 33 weeks, gue telp RS Premier soal detail senam hamil. “Harganya Rp. 100.000 per sesi, Bu. Langsung datang saja ya.”

OALAAAAH seratus ribuuuu.” respon gue begitu di telpon kwkwkw dalam hati gue, “yaudah lah yaaa seratus rebu kalo cuma ngesot ke Premier mah gapapa dah, dari pada 40.000-70.000 gue harus rela jauh-jauh menerjang macet dkk.” Jadwal senamnya juga lumayan cucok, setiap hari rabu jam 15.00 & hari sabtu sesi I jam 08.00, sesi II jam 10.00.

Hari pertama gue senam di UK 33 weeks dateng di sesi II jam 10.00 di hari sabtu, tapi aktualnya selalu mulai setiap jam 10.30. Gerakan senamnya enak, seru dan gampang diulang dirumah, badan gue berasa banget sakit-sakitnya pas dibawa senam, jadi efeknya lebih berasa aja dibanding Prenatal Yoga. Setelah satu jam senam, dilanjutkan Prenatal Class selama satu jam. Materinya tiap sesi beda-beda, yang kasih materi Bidan yang sama dengan Bidan senam, waktu itu gue kebagian pembahasan tentang asi eksklusif. Cuma….pas masuk ke Prenatal Class, yang tadinya peserta senam ada 8 orang, jadi drop ke 3 orang termasuk gue. Gue sempet bingung, kok pada pulang? Akhirnya prenatal class di ikuti 3 orang peserta. Selesai senam gue pergi ke kasir, siapin uang 100ribu buat bayar. Lalu gue ditanya, “tadi ikut prenatal class?” Gue bingung kan, jawab aja iya. “Jadi 150.000 ya, Bu.” Gue diem sejenak…….wkwkwk suami disamping langsung inisiatif ngeluarin duit 50.000. OH JADI…… 100.000 itu hanya senam aja buibuuuukkkk, kalo ikut prenatal class jadi Rp. 150.000. Yee, sama aja like the first info I got. Pantesaaaan beberapa Bumil langsung pada pulang kelar senam hahahaha plot twist abis! Gue kena jebakan!

Next, gue balik senam di UK 36 weeks. Asiknya senam disini jika usia kandungan diatas 34 weeks udah boleh praktek mengejan REAL dengan pantauan bidan. Beliau bilang dilarang keras praktek dirumah. Akhirnya sampai lahiran, gue 4x senam di Premier karena udah terlanjur nyaman walaupun tiap minggu harus siapin gocek 100.000 tanpa ikut Prenatal Class. Kalo boleh saran sih, ikutin kelas senam dimana kalian akan bersalin. Lumayan bgt jadi nambah info soal record dokter-dokter dan sistem bersalinnya disana seperti apa.

Bidan yang ngajarin senam namanya Bd. Mulyati, beliau Bidan senior di ruang kebidanan. Orangnya jowo-jowo gitu ya medok dan so pasti baiiiiikkk bangeeeet. Banyak banget info seputar kehamilan yg gue dapet dari dia dan of course she is scientifically very well-knowledged! Ga itung-itungan waktu, kadang dia buka sesi free konsul sehabis senam & suka check posisi janin kita (pas itu gue di check waktu si dede masih obliq). Pas akhirnya gue lahiran rawat inap disana pun gue sering banget ketemu dia, dan beliau juga yg kasih kita materi laktasi pasca lahiran. Cucok deh! Luv banget Bd. Moy, panggilan bekennya.

Tinggalkan komentar