Mengambil Hikmah Dari Setiap Kejadian

Perjalanan gue mau jadi pramugari bisa dibilang cukup rumit dan belibet. Tidak selancar orang lain, tapi mungkin gue juga tetep salah satu yang beruntung dibanding orang lain juga, intinya semua itu karena usaha dan doa yang ga berhenti-henti.. Gue selalu percaya kalo tempat jodoh untuk bekerja itu memang gak akan kemana, namun tetep harus put an effort.

Saat gue memutuskan bilang ke orang tua mau jadi pramugari, itu terjadi bukan karena gue mupeng atau cuma kepengen. Gue sama sekali gak punya temen pramugari, gue gak tau kehidupannya kayak apa, gue ga pernah ngiler sama kehidupan glamornya pramugari, yang gue tau pramugari itu punya potensi buat nguasain bahasa asing, ketemu macem-macem orang dan keliling dunia. Gue cukup suka dunia per-language-an, walaupun english gue masih pas-pas an dan bahasa korea cuma bisa “5W 1H” Hahaha.

– Memulai Ikut Rekrutmen Pramugari

Singkat cerita, setelah dapet dukungan dari orang tua buat ngelamar jadi pramugari dan alhamdulillah pacar gue juga adalah salah satu orang yg tertarik sama dunia aviasi. Gue berangkat ikut rekrutmen pertama kali di Garuda, dan gue gagal di tes user/performance. Waktu itu, english speaking gue was very poor. Gue ikhlas menerima kegagalan di one try. Minggu depan nya, gue ikut lagi dan siap jika di ajak ngobrol in english. Ternyata, gue dapet user dengan full indonesia, pas itu pun gue ada jerawat besar di pipi dan menurut gue, gue gagal gara-gara itu. Pulangnya, gue sempet pengen nangis, susahnya mau jadi pramugari. Namun gue ga menyerah, gue nyoba lagi di maskapai swasta terbesar di Indonesia, Lion Air Group. Gue memilih buat ikut disini karena gue menyadari kalo gue mungkin belum cukup pantas buat berada di Best Airlines in Indonesia.

– Mulai Melupakan Karir Sebagai Pramugari

Pas ditengah-tengah rekrutmen Lion, gue di terima untuk bekerja di PT. Bank DKI sebagai frontliner staff, sekaligus juga diterima di PT. Mayora Indah untuk posisi Packaging Process, kebetulan posisi di Mayora se-linear dengan jurusan gue pas kuliah. Gue sempet galau dan did a lot of discussion dengan orang tua. Kedua bidang ini — frontliner dan packaging process — adalah pekerjaan yang gue pikir gue bisa kerja sebaik-baiknya dengan ilmu & skill yang gue punya. Sementara itu, gue masih terbayang mimpi gue buat ngejar jadi pramugari. Di saat-saat itu, gue berpikir untuk segera melupakan mimpi berkarir di udara. Di awal november, akhirnya gue memutuskan untuk bekerja di Bank DKI dengan asumsi gue gak lolos di Lion Group, karena waktu pengumuman ke tahap selanjutnya sudah hampir sebulan tiada kabar. Gue pun udah merencanakan target jangka pendek & panjang buat berkarir di Bank DKI, kebetulan Bank DKI adalah bank yang dari dulu gue incer, karena banyak temen-temen gue yg udah lulus duluan, sering rekomendasiin Bank DKI buat jadi tempat berkarir di dunia perbankan. Gue pun juga meminta maaf kepada HRD Mayora karena tidak bisa bergabung dengan company mereka, walaupun gaji yang mereka tawarkan lebih tinggi dari pada di Bank.

– Lulus di Lion Group dan Penempatan di Batik Air

Setelah 2 bulan bekerja di Bank DKI, gue dapet sms undangan Pantuhir di Lion. Gue excited bangeeeet karena udah nunggu pengumuman 2 bulan lama nya, dan gue pun langsung minta izin sama wakil pimpinan cabang gue buat ikut seleksi itu. Singkat cerita, gue akhirnya lulus sampe medical check up dan sekitar awal januari gue di telpon pihak Lion Group buat ttd kontrak pendidikan di Lion Group sebagai calon pramugari Batik Air. Gue sangat bersyukur karena di tempatkan di Batik Air, maskapai full service seperti Garuda. Namun ada kendala saat itu, gue gak bisa langsung ttd kontrak dan training karena masih terikat kontrak di Bank DKI, sehingga gue harus ngajuin surat resign dulu dan itu memakan waktu 1 bulan lamanya. Pihak Lion Group pun memaklumi keadaan gue, dan mereka bilang akan undang gue ttd kontrak kembali di bulan februari. Akhirnya gue resmi resign dari Bank DKI per tanggal 13 Februari dan rela membayar uang penalti demi jadi pramugari :’)

– Menunggu Jadwal TTD Kontrak dan Training & Mencoba Garuda Ke-3 Kalinya

Di pertengahan bulan februari, gue resmi menganggur. Sambil menunggu di telpon kembali oleh HRD Lion, hari-hari gue habiskan dengan nonton drama, blogging dan nyari info tentang apapun yg berhubungan dengan Batik Air. Tetapi saat itu, Garuda Indonesia masih buka lowongan buat calon pramugari. Gue suka masih mikir “apa gue ikut Garuda lagi ya, gue betrayal gak sih kalo ikut? Gue kan udah di terima di maskapai lain..” tapi kemauan gue untuk jadi pramugari garuda ga pernah pudar, secara gue belum resmi jadi siswa di Lion. Yaudah deh gue ikut Garuda lagi yg di kosambi, rame banget pesertanya sampe 400an lebih. Tapi, gue gagal lagi di tes performance :’) I always failed at this step. Tapi gue gak sesedih dulu, karena kali ini gue punya pegangan di Lion.

– Walk in interview Garuda yang Ke-4 Kalinya

Sudah menjelang akhir februari, gue belom dapet kepastian dari maskapai sebelah. Gue ga bisa diem aja, dan ga ada yang jamin gue bakal bisa berkarir di dunia aviasi apa ngga walaupun gue udah keterima, kemudian gue memutuskan nekat ikut Garuda lagi untuk ke 4x nya, karena gue udah terlanjur resign dr Bank dan gue gamau lama-lama nyusahin orang tua jadi pengangguran.

Sebenernya, gue dateng ke GCC dengan hati ogah-ogahan karena gue udah 3x di tolak di tes performance, dan pas itu hati gue udah siap kalo di tolak lagi, sampe gue berasumsi “jangan-jangan gue di blacklist sama garuda” hahaha. Tapi Allah berkata lain ya, alhamdulillah gue pertama kali nya lulus di tes performance dan gue secara serius ngelanjutin rangkaian proses seleksi.

– Panggilan Medical Check Up (MCU) ulang di Lion

Pas gue lagi di tahap psikotes di Garuda, tiba-tiba gue dapet jadwal MCU di Balai Kesehatan Penerbangan atas nama PT. Lion Group. Gue bingung awalnya, “loh kok gue yang sebelumnya udah di telpon buat sign contract kenapa tiba-tiba disuruh MCU ulang?” Karena setau gue, yang MCU di Balai Kesehatan (Balkes) itu cuma buat para initial flight attendant yang lagi training di Balaraja. Setelah nyari tau tentang info ini, ternyata sistem rekrutmen di Lion di rubah, jadi gue harus ngikutin alur rekrutmen yg baru dan jatohnya, gue belum resmi lulus di Lion dong :”)

Awal maret gue tetep ngejalanin MCU di balkes sesuai jadwal, dan itu memakan biaya yg tidak murah. Sedih, sudah berapa banyak materi keluar dr orang tua demi jadiin gue jadi mugari, gue makin ngga tega sama orang tua, gue cuma bisa mikirin gimana gue bayar ini semua buat orang tua :”)

– Panggilan TTD Kontrak & Dipindahkan ke Wings Air

Sementara nunggu hasil MCU dari Lion, Alhamdulillah jalan proses seleksi gue di Garuda bisa dibilang cukup lancar dan akhirnya gue sampe di tahap Medical Examination (MedEx) di Garuda Sentra Medika, sisa 2 tahap lagi menjadi siswa pramugari Garuda. Gue pun dan orang tua udah banyak diskusi kalo misalnya gue di panggil duluan dari Lion, gue akan tetap ambil Lion walaupun gue udah mulai memasuki tahap akhir di Garuda.

Kemudian benar adanya, gue beneran di telpon dari pihak Lion, buat TTD kontrak seminggu kemudian. Gue udah seneng banget pas di telpon, like finally akhirnya gue akan training juga buat jadi pramugari! dan gue ended asked the HRD “Ini penempatan saya tetap di Batik Air kan mas?” dia jawab “Oh bukan, mba Rahmi di Wings Air”. Gue made a pause, terus gue bingung karena orang tua gue taunya di Batik Air dan saat itu orang tua gue lagi kerja, gue ga bisa langsung bilang ke mereka. Gue juga ga bisa mengiyakan ke HRD nya hanya karena nafsu sesaat ingin cepat-cepat jadi trainee mugari. Akhirnya gue bilang ke mas-mas HRD kalo gue minta waktu untuk diskusi sama keluarga, karena gue sendiri pun belum tau apa-apa tentang Wings Air. Setelah gue berbincang-bincang dengan keluarga, keluarga gue awalnya mengekspresikan perasaan kaget karena gue di pindahin, ternyata setelah gue cari tahu, di Lion adalah hal biasa untuk pindah ke maskapai lain selama masih di bawah naungan grup Lion Air.

Keluarga gue pun oke jika gue mau di Wings Air, tetapi mereka menyarankan gue untuk lebih mendalami tentang Wings Air, baru boleh membuat keputusan. Sambil membuat keputusan dan mencari informasi, gue sambil menjalanin proses seleksi di Garuda. Temen-temen gue sebenernya banyak yang bilang “sayang banget Mi ga di ambil, takut nya lo gagal di garuda, nanti lo capek doang ikut rekrutmen dimana-mana ga ada yang jodoh walaupun lo udah lulus.”. Iya, gue tahu, gue emang seperti menyia-nyiakan kesempatan. Tapi, disaat gue memutuskan sesuatu, gue selalu berdoa sama Allah. Bahwa Allah lah yang tahu dibalik semuanya.

– Galau lagi, dapet panggilan dari PT. Mayora

Gue sempet di landa kegalauan lagi di tengah proses seleksi di Garuda, pas itu gue udah sampe Wawancara Kompetensi di Garuda, sisa 1 step lagi. Mungkin beberapa orang menganggap gue adalah orang yang hoki. Tapi jujur, ini bukan hoki yang kalian maksud. Memilih tempat kerja itu adalah hal yang paling sulit. Semua bagus dan pada saat itu gue sedang membutuhkan pekerjaan bangeet, karena sudah hampir 2 bulan menganggur. Pola hidup sudah tidak teratur.

Tiba-tiba gue dapet telpon dari HRD Mayora, mereka nanya apa gue masih available kalo diajak bergabung lagi dengan Mayora. Gue jujur dong kalo gue sedang available karena sudah resign dr Bank. Akhirnya mereka menjadwalkan gue buat nego gaji lagi. Namun, jadwal yang mereka kasih bertabrakan sama Wawancara Kompetensi di Garuda. Gue akhirnya memilih Garuda dengan bismillah.

– Hikmah di balik semuanya, Lulus di Garuda Indonesia

Di minggu yang sama, dengan kekuatan doa dan usaha yang udah gue kerahkan semampu gue dan tentunya dengan bantuan Allah SWT  dan dukungan full dari orang tua.. Alhamdulillah gue lulus di Garuda Indonesia!! Lusanya gue di jadwalkan TTD kontrak di Garuda. Allahuakbar! Penantian selama dan serumit ini, berkali-kali gue di beri ujian untuk fokus memilih! Berkali-kali gue di beri ujian untuk selalu percaya sama keputusan Allah SWT! Berkali-kali gue di beri hadangan dan berkali-kali gue hanya bisa pasrah pada nasib.

Berkali-kali gue berucap :

Oh ini toh alasannya kenapa dulu ga lansung ttd kontrak di Batik Air di bulan januari..

Oh ini toh alasannya kenapa tiba-tiba gue di bimbangi karena di pindahin ke maskapai lain..

Oh ini toh alasannya ada jadwal tabrakan antara mayora dan garuda, dan ujungnya gue memilih garuda..

Andai dulu gue tetap di tempatkan di Batik Air, mungkin gue langsung segera training di Balaraja dan gak mungkin menginjakkan kaki gue di GITC..

Oh Allah, Rezeki itu tidak akan kemana selama kita berusaha menggapainya..

Oh Allah, sungguh engkau yang maha tahu dari segalanya..

Gue jadi banyak belajar tentang apapun yang Allah rancang adalah patut di percaya karena akan ada alasan dibalik itu semua, selama kita ikhlas saat menjalaninya dan tidak pernah menyerah.. Dan kali ini, dengan bismillah, dengan minta pertolongan Allah SWT, gue ingin membayar semua pengorbanan yang telah orang tua berikan terhadap gue selama ini.. Bismillah yaa Maa, Paa. I love you so much more than anything ❤

28 pemikiran pada “Mengambil Hikmah Dari Setiap Kejadian

  1. kak, kalo mau jadi paramugara tahapnya gimana?? kalo aku lihat, jarang ada penerimaan pramugara, yang banyak penerimaan pramugari!!!

    • Kalo di garuda setau aku emang jarang open rekrut buat pramugara, terakhir 2013 akhir kalo gak salah. Ditunggu aja, biasa citilink buka. Good luck!

  2. congratulations ami.. salam kenal ya.
    km beruntung ke 4x km lolos. aku gagal di pantuhir krn jerawat muncul.
    smg bs nyusul km deh yg ke 5x ☺

    • Makasih yaa Angel! Ya ampuun 😦 emang dibilang gitu karena jerawat? Semoga next recruit nya lolos ya, good luck!

      • aku sempet dipanggil lagi terus ditanya soal jerawat.. jd fixed krn itu aku gagal… thanks Ami, smg bisa ngikut jejak km ya

    • Hai Nanda, tes awal itu ukur tb/bb dan tes performance, kalo nanti tes nya di GITC langsung psikotes, good luck!!

  3. subhanullah..
    suka banget cerita lengkap detail ketika “meraih” impian itu 🙂
    Allah memberikan sesuatu yg kita perlukan disaat yang tepat ya.
    dan benar, selalu ada hikmah disetiap kejadian dalam kehidupan kita.

    sukses terus Ami..

    *psst..aq bukan pramugari, cuma rg yg lagi nyasar blogwalking kesini 😀
    smoga Allah melindungi kalian disetiap perjalanan mengudara ya.

    • Halo mbak terima kasih udah mampir ke blog alakadarnya hehe.
      Iya betul sekali, ketika seseorang dapat mengambil hikmah dari suatu kejadian, maka kita akan lebih mudah bersyukur atas apa yang sudah terjadi. Karena tiap kegagalan bukanlah suatu keakhiran, justru karena kegagalan lah saatnya kita intropeksi diri sendiri dan bangkit dari lubang kegagalan tersebut.
      Sukses juga buat Mba Nengsyera, aamiin ya Allah. Terima kasih atas doanya 🙂

      • Sama2 Ami 😊
        Sukses juga utk salah satu “mimpi” yg udh kami gapai.
        Tetap rendah hati dan bantu tmn2 yg sdg meraih mimpi juga ya.
        Jangan berhenti menulis ya 😊

  4. Subhanallah Mba Ami aku seneng banget baca blog mba,kurang lebihnya jalan hidup kita sama tpi aku blm smpet test recruitment di garuda ataupun lion,tpi cita” menjadi pramugari sangat kuat dri lulus sma smpe ngerasain pengalaman bekerja mencari pekerjaan,tpi mba ami termasuk org yg beruntung dengan keadaan ekonomi orang tua yg bisa membantu demi kelancaraan menggapai cita”,tapi aku ga pantang menyerah buat gapai cita” aku walaupun faktor terbesarnya adalah kendala ekonomi,semoga aku bisa nyusul mba ami jadi pramugari dan membahagiakan orang tua amiiinnn. sukses selalu mba ami 🙂

  5. Subhanallah kak. Tulisan ini sangat menginspirasi saya. Saya janji pada diri saya sendiri. Bahwa kegagalan tidak akan bisa menjatuhkan cita” saya sebagai pramugari. Sukses selalu kak buat karirnya 😊😊😊

  6. Aku baca cerita kakak terharu banget. Aku jg punya cita2 jadi pramugari. Semoga aku salahsatu jd orang yg beruntung ya seperti kak ami! Sukses terus ka!😍🙋

  7. Ternyata jalan yang harus dilewati Mbak Ami untuk jadi pramuugari gak mudah ya. Menginspirasi sekali. Semacam dapat energi positif untuk memperjuangkan impian dengan kekuatan doa dan usaha seperti Mbak Ami. Terima kasih ya mbak sudah mau berbagi. 🙂

  8. Cerita yg sangat inspiratif! Terima kasih sudah berbagi 🙂 Aku juga bercita-cita jadi pramugari, tapi apadaya aku failed dlm tes performance krna kaki aku berbentuk O dan strukturnya gigi yang jarang 😥 *penguji nya ga bilang alasannya, cuma aku ga sngaja liat catatannya* 😥

  9. Assalamualaikum kaka Ami, emang bener yaa kalo udah keterima jadi pramugari garuda, citilink, air aisa dll (selain lion group) itu waktu pendidikan harus bayar yaa?

  10. yaAllah inspiratif bgt aku juga lagi mengalami dilema antara pilih 2 maskapai sedangkan aku sudah mengikuti recruitment, trimakasih kak untuk sharing nya🤍

Tinggalkan komentar